6 Penyebab Keputihan Pada Wanita

jurushamil.com6 Penyebab Keputihan Pada Wanita – Keputihan pada wanita yang sering mucul biasanya disebabkan oleh masalah higienitas yang menyebabkan adanya infeksi. Diluar daripada itu, keputihan yang normal akan sembuh dengan sendirinya. Tapi pada kondisi lain, yaitu keputihan abnormal yang mana sudah diobati berkali-kali tetapi belum juga sembuh maka disarankan untuk segera memeriksakan ke dokter spesialis. Karena bisa jadi keputihan abnormal ini disebabkan oleh infeksi pada kandungan, infeksi diluar saluran telur maupun infeksi di organ intim yaitu pada miss v .

Penyebab keputihan pada wanita

Keputihan abnormal pada dasarnya disebabkan oleh jamur, parasit, ataupun kuman. Selain daripada itu keputihan abnormal juga disebabkan karena usia lanjut, tumor pada kandungan, penyakit menular seksual, benda asing di v, terlalu sering membersihkan v, dan kencing nanah. Untuk lebih lanjutnya mari kita simak bersama-sama ulasan berikut ini.

6 penyebab keputihan pada wanita

1. Keputihan akibat tumor atau kanker kandungan.

Gejala dari munculnya kanker pada kandungan adalah munculnya cairan yang menyerupai keputihan. Dan biasanya keluarnya keputihan disertai dengan adanya bercak darah dan bau tak sedap.

Jika gejala itu terjadi kemudian disertai dengan adanya rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, gangguan siklus haid, serinng demam dan badan bertambah kurus, pucat, lesu, lemas, dan tidak bugar, maka kemungkinan besar telah terjadi pertumbuhan abnormal di dalam organ kandungan.

Apapun penyebabnya permasalahan pada kewanitaan terutama keputihan tetap harus diobati, apalagi jika keputihan tersebut pertanda dari adanya tumor yang sedang berkembang di dalam tubuh.

Dan keputihan yang disertai dengan keluarnya darah juga bisa diakibatkan opolyp di organ kandungan, rahim, atau di leher rahim. Biasanya darah keluar sehabis berbuhungan intim atau setelah melakukan penyemprotan v ( dounching ).

2. Keputihan karena usia lanjut

Keputihan bukan hanya dialami oleh kaum muda saja, tetapi wanita usia lanjutpun bisa mengalami yang namanya keputihan, bahkan tak jarang keputihan yang keluar disertai dengan adanya darah. Ini disebabkan oleh lapisan v yang makin menipis seiring bertambahnya usia.

Hal serupa juga bisa saja dialami pada wanita yang belum pubertas, pada wanita pengidap kencing manis, dan mereka-mereka yang sudah mengalami fase menopause. Lapisan pada selaput lendir v pada kelompok tersebut tipis dan mengisut.

3. Keputihan akibat benda asing di miss v

Dari segi bentuk, sudah nampak kalau v bisa saja kemasukan benda asing seperti sisa pembalut, kapas atau bisa jadi kondom. Ini juga menjadi salah satu faktor penyebab keputihan abnormal.

4. Terlalu sering bersihkan v

Kebiasaan yang menurut feeling kita baik memang belum tentu baik, apalagi belum bisa dibuktikan dengan nyata. Contohnya adalah kebiasaan wanita yang sering membersihkan v dengan bahan antiseptik. Kebiasaan yang satu ini sesungguhnya justru tidak menyehatkan dan bahkan bisa mengganggu ekosistem v.

Dan akibat dari antiseptik tadi juga bisa menyebabkan kuman-kuman baik yang ada pada saluran v ikut terbunuh. Padahal kuman-kuman tadi ikut serta dalam membantu pembetukan asam di sekitar v. Dimana v bersifat asam untuk mengusir bibit-bibit penyakit.

Miss V yang kehilangan kondisi keasamannya berpotensi menjadi lahan tempat berkembangnya berbagai macam bakteri dan kuman yang berbahaya yang bisa menyebabkan salah satunya yaitu keputihan.

5. Keputihan kencing nanah

Bila ada riwayat kontak seksual dengan pria yang mempunyai penyakit seksual maka keputihan yang diderita bisa saja adalah gejala dari penyakit kencing nanah atau gonore.

Pada kondisi lain dimana keputihan yang diderita tidak kunjung sembuh padahal sudah lama diobati maka ada kemungkinan keputihan ini disebabkan oleh tertularnya penyakit lain.

Keputihan yang satu ini sama-sama mengeluarkan cairan putih tapi berbeda penyebab dan isinya. Dan jika diperiksa di labolatorium akan terlihat kuman-kuamn kencing nanah di keputihan.

6. Keputihan akibat penyakit menular

Memang tidak mudah untuk kita membedakan keputihan biasa dengan keputihan akibat penyakit kelamin. Dan yang perlu kita ketahui adalah setidaknya ada dua jenis penyakit kelamin yang menyerupai dengan keputihan yaitu kencing nanah dan chlamydia.

Lendir keputihan akibat chlamydia terlihat nampak lebih bening sehingga biasa dianggap sebagai keputihan normal padahal keputihan yang satu ini termasuk dalam jenis keputihan abnormal perlu diwaspadai.

Sementara itu jenis keputihan yang disebabkan oleh penyakit kelamin seksual kencing nanah biasanya berbentuk lendir seperti susu dan inipun masih sulit untuk diketahui penyebabnya, karena bisa jadi keputihan ini bukan disebabkan oleh bakteri kencing nanah. Untuk lebih jelasnya mengetahui hal ini dokter biasanya melakukan pemeriksaan di laboratorium.

Dan adapun penyebab keputihan menurut situs enhealth.blogspot.com adalah

1. Jamur

Keputihan yang disebabkan oleh jamufungus candida albicans ini biasanya berkembang pada bagian permukaan v yang ditandai dengan munculnya rasa panas seperti terbakar dan gatal. Selain itu, tanda-tanda tersebut juga akan diikuti dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan dengan bau yang cukup menyengat.

2. Bakteri Gardnerella

Ciri-ciri yang disebabkan oleh bakteri ini hampir mirip dengan yang terinfeksi jamur fungus candida albicans yaitu munculnya rasa gatal yang mengganggu pada darah genital. Hanya saja yang membedakan adalah cairan yang keluar tidak berwarna kuning melainkan ke abu-abuan dan sedikit berbuih.

Mendiagnosa penyebab keputihan pada wanita sejak dini merupakan langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan khususnya bagi kita kaum wanita. Dan apabila keputihan itu sudah terjadi pada diri kita maka bisa dilakukan langkah berikutnya yaitu cara mengatasi keputihan secara alami.

Tags: #apa penyebab keputihan #faktor penyebab keputihan #penyebab keputihan bau #penyebab keputihan berbau #penyebab keputihan berlebihan #penyebab keputihan dan cara mengatasinya #penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita #penyebab keputihan gatal #penyebab keputihan pada wanita #penyebab terjadinya keputihan

author
Author: 
    Obat Tradisional Keputihan Pada Wanita
    Obat Tradisional Keputihan Pada Wanita
    Jurushamil.com – Obat Tradisional Keputihan Pada Wanita
    Langkah Mudah Mencegah Keputihan Pada Wanita
    Langkah Mudah Mencegah Keputihan Pada Wanita
    Jurushamil.com – Mencegah keputihan pada wanita memang
    Cara Atasi Keputihan Pada Wanita
    Cara Atasi Keputihan Pada Wanita
    Jurushamil.com – Cara Atasi Keputihan Dengan Mudah
    Waspada Bahaya Keputihan Pada Wanita
    Waspada Bahaya Keputihan Pada Wanita
    Jurushamil.com – Bahaya Keputihan Pada Wanita – Bicara
    Must read×

    Top