FAKTA, Olahraga Saat Hamil Itu Sangat Penting

FAKTA, Olahraga Saat Hamil Itu Sangat Penting aktif melakukan olahraga saat hamil ternyata memiliki manfaat jangka panjang bagi kesehatan anak. Hal ini belum lama disampaikan oleh Kevin J. Pearson dari University of Kentucky Department of Pharmacology and Nutritional Sciences dalam simposium bertajuk “American Physiological Society (APS)’s Integrative Biology of Exercise VII” di Phoenix, Amerika Serikat.

Setelah melakukan percobaan terhadap tikus hamil yang aktif berolahraga, Pearson bersama timnya percaya bahwa olahraga saat hamil dapat menjadi solusi yang efektif dan bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang generasi selanjutnya.

Hasil anak dari tikus hamil ini menunjukkan bahwa dirinya dapat mengendalikan stres dan meningkatkan sensitivitas insulin ketika beranjak dewasa dibandingkan dengan anak tikus dari induk yang tidak melakukan apa-apa saat hamil.

Bagi Pearson, manfaat dari aktivitas fisik yang teratur dapat memberikan dampak kesehatan dalam setiap tahapan kehidupan.

“Penemuan kami ingin menekankan kehamilan sebagai suatu periode yang sensitif, dimana di saat pola hidup yang positif ikut masuk ke dalamnya dan memiliki manfaat jangka panjang ternyata akan mempengaruhi metabolisme dan risiko penyakit terhadap keturunannya,” tulis tim riset Pearson dalam pernyataannya kepada APS.

Salah satu fokus penelitian Pearson terhadap tikus ini adalah untuk mengenal tanda-tanda tekanan stres yang muncul. Tekanan stres ini diakibatkan oleh akumulasi sejumlah radikal bebas.

Setelah dilakukan uji coba, latihan fisik ternyata dapat mengurangi tekanan stres dan juga terbukti menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Intensitas olahraga yang dilakukan selama masa kehamilan

FAKTA, Olahraga Saat Hamil Itu Sangat Penting

FAKTA, Olahraga Saat Hamil Itu Sangat Penting

Sayangnya, penelitian ini tidak merekomendasikan atau menerapkan standar intensitas olahraga yang perlu dilakukan oleh wanita hamil.

Jika Anda mulai tertarik untuk aktif berolahraga, maka hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah konsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan untuk mengetahui kemampuan tubuh Anda.

Hal ini dikarenakan olahraga yang berlebihan juga tidak baik untuk kehamilan. Bahkan, aktivitas ini bisa menjadi bumerang dan menjadi sesuatu yang buruk bagi kesehatan Bunda.

Jika Bunda ingin mencari alasan agar bisa aktif dalam masa kehamilan, Bunda bisa melakukan latihan aerobik. Latihan ini dinilai sebagai latihan yang memiliki dampak positif bagi si kecil yang sedang berada dalam kandungan.

Akan tetapi, tetap ada baiknya bagi Bunda untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait mengenai kuantitas, intensitas, dan tipe latihan fisik yang sesuai dengan kemampuan tubuh Bunda. Baik dalam masa kehamilan maupun dalam proses menuju kehamilan.

author
Author: 
    Fakta Terbaru Tentang Melahirkan Caesar ! Kamu wajib tahu
    Fakta Terbaru Tentang Melahirkan Caesar ! Kamu wajib tahu
    Fakta Terbaru Tentang Melahirkan Caesar ! Kamu
    Apakah Telat 10 Hari Hamil ? Ini Penjelasanya
    Apakah Telat 10 Hari Hamil ? Ini Penjelasanya
    Apakah Telat 10 Hari Hamil ? Ini
    Ini Dia waktu yang tepat untuk usg
    Ini Dia waktu yang tepat untuk usg
    Contoh Kasus ” kapan waktu yang tepat
    Beberapa Makanan Yang Bisa Menyebabkan Keguguran
    Beberapa Makanan Yang Bisa Menyebabkan Keguguran
    Beberapa Makanan Yang Bisa Menyebabkan Keguguran Jika
    Must read×

    Top