Tunggu, sedang memuat. . .

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil – Pernahkah anda merasakan perut bagian bawah sakit saat hamil? Apakah hal tersebut berbahaya? Tentu saja untuk menentukan apakah hal tersebut berbahaya atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan. Namun anda juga perlu mengetahui beberapa penyebab mengapa perut bagian bawah sakit saat hamil muda, ataupun pada usia kandungan yang sudah tidak muda lagi.

Seperti yang anda ketahui, perut bawah sakit saat hamil tentu saja akan sangat mengganggu anda, termasuk dapat membatasi ruang gerak seseorang yang sedang hamil. Lalu, apa sajakah yang menjadi penyebab dari timbulnya rasa sakit pada perut bagian bawah pada ibu hamil, baik yang masih hamil muda maupun pada usia kehamilan yang tidak lagi muda. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya :

1. Mengalami Masalah Sembelit

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil

Penyebab pertama yang bisa menyebabkan hamil sembilan bulan perut bawah sakit ataupun pada usia kandungan yang masih muda adalah terjadinya masalah sembelit. Ibu hamil memang sering mengalami sembelit dan terkadang hingga menimbulkan rasa sakit pada beberapa area perut termasuk pada perut bagian bawah.

2. Mengalami Preeklamsia

Penyebab kedua yang bisa membuat perut bagian bawah sakit saat hamil adalah karena preeklamsia atau salah satu penyebab kram, dan lebih banyak menyerang ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi. Ada baiknya anda melakukan pemeriksaan karena jika mengalami hal ini bisa dapat membahayakan plasenta.

3. Mengalami Masalah Peregangan Rusuk

Penyebab ketiga yang bisa membuat perut bagian bawah sakit saat hamil muda ataupun hamil tua adalah, terjadinya peregangan rusuk. Ini karena janin yang ada di dalam kandungan terus berkembang dan membutuhkan banyak tempat.

Point-point di atas hanya sebagian kecil dari penyebab terjadinya perut bagian bawah sakit saat hamil. Setelah anda mengetahui penyebabnya, ada baiknya anda juga mengetahui cara mengatasi keluhan perut bawah sakit saat hamil. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi timbulnya perut bagian bawah sakit saat hamil muda maupun yang sudah memasuki trimester dua atau tiga :

1. Berbaring

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk dapat mengatasi perut bagian bawah sakit saat hamil adalah dengan mengambil posisi diri berbaring, dan tentu saja anda harus berbaring pada permukaan yang datar. Dengan begitu biasanya akan mengurangi rasa sakit anda.

2. Duduk

Cara kedua yang bisa anda lakukan agar bisa menetralisir perut bagian bawah sakit saat hamil muda atau tua adalah duduk dengan posisi lutut anda menjadi sejajar di depan anda. Posisi ini juga biasanya akan dapat mengurangi rasa sakit anda.

3. Mengkompres

Cara ketiga agar bisa mengatasi perut bawah sakit saat hamil adalah dengan mengkompres perut anda menggunakan handuk yang sudah dicelupkan pada air hangat. Air hangat yang sudah terserap ke handuk akan memberikan rasa rileks dan juga nyaman ketika ditempelkan pada bagian perut yang sedang sakit atau nyeri.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mengatasi perut bagian bawah sakit saat hamil. Cara-cara tersebut di atas hanya untuk mengatasi perut sakit yang wajar terjadi karena kehamilan. Jika ternyata rasa sakit pada bagian bawah perut anda masih juga belum reda, ada baiknya anda pahami juga Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil Muda anda melakukan konsultasi dengan dokter, karena siapa tahu ada masalah lain yang harus segera ditangani.

Jika anda sudah memahami beberapa penyebab dan juga cara mengatasi masalah perut bagian bawah sakit saat hamil, semoga saja anda bisa melakukan hal-hal yang benar jika anda merasa ada yang tidak beres dengan perut anda. Semoga dapat bermanfaat.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil | admin | 4.5